Tutorial : Mengubah Foto Berwarna jadi Hitam Putih

Seringkali, cuma beberapa saat setelah mengambil sebuah foto, kita baru nyadar, sepertinya kalo foto yang diambil akan terlihat lebih bagus kalo hitam-putih… foto hitam putih biasanya lebih dramatis dan puitis apalagi untuk memunculkan kesan nostalgia… biasanya memang dipake untuk keperluan jurnalistik… well… sekarang carra mo nunjukin cara mengubah foto berwarna menjadi hitam-putih dengan memberikan sentuhan kontras yang tinggi supaya lebih memberi tekanan yang kuat pada garis-garisnya dan mempertajam foto. Tentunya dengan bantuan sang mighty one, Mister Potosop~!

Gimana…? Gimana…?

1. Buka file foto yang akan diubah dari berwarna jadi hitam putih… di sini carra nemuin satu foto (bukan carra sih yg ambil) yang kira-kira memerlukan sentuhan nostalgia di situ…

ni dia… suasana venice (kayanya)

2. Di bagian menu bar, pilih [Image] – [Adjustments] – [Desaturate] … ini dilakukan untuk menghilangkan seluruh informasi warna… perhatikan kalo foto berubah menjadi grayscale… atau bisa juga pake shortcut Ctrl+Shift+U… jadilah fotonya begini …

3. Lalu ke menu bar lagi… Pilih [Image] – [Adjustments] – [Levels] … perhatikan kotak dialog Levels akan muncul… masukkin nilai secara urut di kotak teks Input Levels : 50, 0.85 dan 200.. lalu klik OK… ini akan menambah nilai highlights dan midtone pada foto.

4. Lalu buat salinan layer… dengan cara… lihat panel sebelah kiri bawah, ada panel layer lalu dibawahnya ada gambar yang lagi kita kerjain dengan nama layer Background… klik kanan layer Background, akan muncul menu lagi… pilih [Duplicate Layer] … maka layer akan terduplikasi…

5. Dalam keadaan layer copy aktif, kita ke menu bar lagi… pilih [Image] – [Adjustments] – [Threshold] … kotak dialog Threshold akan muncul… geser indikator Threshold jadi 60 … atau bisa juga langsung ketikin di kotak Threshold Level.. klik OK… perhatikan bahwa gambar akan berubah dari berwarna abu-abu menjadi benar-benar hitam putih…

Perintah threshold mengubah gambar berwarna dan grayscale menjadi hitam putih dengan tingkat kontras yang tinggi. Pixel yang lebih terang dari nilai threshold yang ditetapkan berubah menjadi putih, sementara pixel yang lebih gelap dari nilai threshold yang ditetapkan akan berubah menjadi hitam. Umumnya sih, nilai threshold yang lebih tinggi akan membuat gambar jadi lebih hitam atao gelap.

6. Lalu lihat lagi di panel layers… di bawah judul panel, ubah mode blending pada seluruh layer yang threshold level nya diubah tadi jadi Overlay…

7. Terakhir, pada panel dan layer yang sama, ubah Opacity layer nya jadi 60 % …

Ini dia hasil akhirnya…

SELAMAT MENCOBA!!!

Reposting dari sini

About these ads

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s