Mengenal Pixel dan Resolusi

Kalo kamu banyak mengulik dunia grafis dan fotografi, pasti banyak nemuin istilah pixel dan resolusi… dan kamu juga pasti tau apa artinya… tapi kadang ada juga orang awam yang rancu mengartikan pixel dan resolusi.. Tampak sepele memang… mengenal pixel dan resolusi… tapi coba aja ditanyakan… apa itu pixel? apa itu resolusi? apa bedanya? apa hubungannya? mungkin ga banyak orang tau atau bisa ngejelasinnya… maka di sini carra coba buat menjabarkannya… Semoga bermanfaat ga cuma buat para newbie… tapi juga buat semuanya yang membutuhkan.

Apa itu pixel ?

Kalo kamu memperbesar foto atau gambar yang diambil dengan kamera digital, kamu bakalan liat bahwa gambar atau foto terbentuk dari kumpulan kotak-kotak kecil. Kotak-kotak kecil itu merupakan unit terkecil dari sebuah foto atau gambar. Kotak-kotak kecil itulah yang disebut pixel. Setiap pixel memiliki 1 warna dan tersusun berimpitan satu sama lain. Ilusi optik menyebabkan mata kita menangkap komposisi pixel-pixel itu sebagai suatu gambar utuh. Ketika kamu mengolah di suatu daerah gambar atau foto, sebenernya kamu lagi mengolah pixel dalam daerah tersebut. Kualitas akhir dari suatu foto atau gambar yang diolah ditentukan oleh seberapa baik kamu mengubah pixel-pixel tersebut.

Foto ukuran Asli

Foto ukuran asli

Perbesaran 1

Perbesaran 1

Perbesaran 2

Perbesaran 2

Makin diperbesar foto, maka pixel akan semakin nyata

Apa itu Resolusi Gambar?

Resolusi mengacu pada kerapatan pixel dalam sebuah gambar. Resolusi gambar diukur berdasarkan kerapatan pixel dalam 1 inch (pixels per inch / ppi atau dots per inch / dpi). Resolusi 1 ppi berarti ada satu pixel per 1 inch persegi. Begitu pula, resolusi 300 ppi brarti ada 300 pixel per satu inch persegi. Semakin besar resolusi, berarti semakin banyak pixel dalam sebuah gambar. Semakin besar resolusi gambar, semakin baik kualitasnya. Semakin besar resolusi, tampilan detail gambar akan semakin tampak. Kamu pun kemudian tahu, kenapa file yang berisi gambar-gambar atau image dengan resolusi tinggi mempunyai ukuran yang besar juga, karena pixel yang terkandung di dalamnya juga semakin rapat dan banyak.

Hubungan antara Resolusi Gambar dan Besarnya File

Besarnya resolusi gambar berdampak langsung pada ukuran file. Semakin bagus kualitas gambar, resolusinya semakin besar maka ukuran file akan semakin besar juga.

Resolusi 300 dpi

Resolusi 300 dpi

Image di atas mempunyai resolusi 300 dpi, besar file adalah 60.3 kB

Resolusi 72 dpi

Resolusi 72 dpi

Image yang sama dengan resolusi 72 dpi ukuran filenya lebih kecil, yaitu 6.3 kB. Jumlah pixel image tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan image yang sebelumnya.

Resolusi 36 dpi

Resolusi 36 dpi

Pada resolusi 36 dpi, ukuran file semakin kecil yaitu 2.4 kB.

Perbedaan antara Resolusi Gambar Rendah dan Tinggi

Ukuran sebuah file

Ukuran sebuah File

Luas bidang gambar di atas adalah 11.34 x 17.07 inch dengan resolusi 180 dpi. Ini berarti gambar tersebut memiliki 2048 pixel di sepanjang garis lebarnya dan 3072 pixel di sepanjang garis tingginya. Total pixel gambar ini adalah 2048 x 3072 atau ummm…banyak! :lol: diitung sendiri pake kalkulator ya :P

Satuan Resolusi

Resolusi diukur berdasarkan jumlah pixel per inch atau dot per inch. Dpi digunakan untuk menunjukkan jumlah pixel per inch dalam sebuah gambar digital. Kalo kamu melakukan scan pada sebuah gambar, biasanya ukuran yang dipakai adalah ppi (Pixel per inch). Sementara itu, dpi biasanya dipakai sebagai ukuran pada printer untuk menunjukkan jumlah titik yang harus dicetak per inch nya. Pada Photoshop, biasanya kamu bisa mengatur resolusi gambar dalam pixel per inch atau pixel per centimeter.

Kalo kamu ga ngubah ukuran gambar tapi mengurangi resolusinya menjadi 72 dpi, berarti akan ada 819 pixels di sepanjang garis lebarnya dan 1229 pixels di sepanjang garis tingginya. Total pixel gambar tersebut menjadi 819 x 1229.

Resolusi gambar 72 dpi

Resolusi gambar 72 dpi

Karena ga ada perubahan ukuran gambar, besar gambar akan sama saat dicetak. Tapi ketajamannya berkurang karena resolusinya menjadi lebih kecil, yaitu 72 dpi. Kebutuhan akan resolusi ini tergantung penggunaan dari gambar itu sendiri. Biasanya untuk keperluan offset atau cetak, diperlukan gambar dengan resolusi yang tinggi yaitu sekitar 300 dpi. Untuk keperluan cetak outdoor seperti banner atau baliho, biasanya cukup dengan resolusi 150 dpi. Sedangkan untuk keperluan content web ataupun pengiriman via email, biasanya resolusi yang dibutuhkan adalah 72 dpi agar lebih ringan ketika di upload maupun ketika di download.

10 responses to “Mengenal Pixel dan Resolusi

  1. Bro , saya mau tanya ,
    setelah dapat donlod gambar dari internet yang besarnya 5 mb . gmbar itu bisa dilihat dengan dengan jelas dg sofwere tertentu ( perfect view ) misalnya , tapi jika dilihat pd galery hénpon , kok gambarya tidak bisa diperbesar , ( bisa tapi pecah ) itu kenapa ?

  2. Sip..sy mau cetak stiker one way..bt kaca belakang mobil..paling pas pake resolusi brp y?pake 200ppi ga muat masuk email bt dicetak..ta kecilkan takut yg percetakan g tau..

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s