Tutorial Kolase nan Simpel dengan Photoshop

Memenuhi permintaan seorang penggemar teman, saya akhirnya nulis tutorial bikin kolase pake photoshop ini… Sebenernya saya juga bingung nulis ini. Karena semacam ngajarin desain gitu, bikin kolase beginian mah tergantung ama imajinasi kita masing-masing mo dibikin gimana kan?

Tapi yaa sudahlah… Mau tak bikin yang model beginian?

Kolase Simpel dengan Photoshop

 

Mau ya…? Yang begini dulu deh ya… ntar kalo ada yang lebih bagus, saya nulis tutorialnya lagi deh…

Mulai aja yuuuu….

1. Buka file yang akan dijadikan foto background.

 

 

2. Buat group layer, biar gampang nanti kalo mo edit-edit. Caranya: di panel layers sebelah kanan, klik simbol folder nya >> “Create a new group”

 

 

3. Bikin rectangle putih di dalem group tadi… besarnya sih dikira-kira aja yahhh…

 

 

4. Bikin layer baru masih di dalam group 1 tadi… Layer > New > Layer

 

5. Tambahkan rectangle warna item di atas rectangle putih tadi …

 

 

6. Buka file foto yg mau ditaruh di dalam frame tadi. Trus… bisa copy-paste ato langsung drag aja ke file kolase…

 

 

7. Kalo file fotonya udah “pindah” trus klik menu Layer > Create Clipping Mask … sebelomnya pastikan dulu layer foto ada di atas layer rectangle item yah… Digeser aja dengan drag kalo belom bener posisinya…

 

 

8. Drag foto ke posisi yang diinginkan… bisa di re-scale juga… monggo lah mo digimanain… di filter juga bisa…

 

 

9. Nah… trus kalo mo ngedit si groupnya (mo di scale, rotate apa di drop shadows) di close dulu groupnya di panel layers… dengan ngeklik simbol segitiga yg ada di samping simbol mata…

 

 

10. Nah.. bisa ditambahin image group yang kedua nih… caranya ya sama kayak pas bikin group 1 tadi… :D jangan lupa add new layer dulu yah tapi… klo ndak, group ke2 itu akan  jadi anak-group group 1 *belibet*

11. Abis itu bisa dihias-hias deh… tambahin tulisan misalnya :D

 

 

Udah jadiiiii ^__^

Selamat mencoba …..

About these ads

13 responses to “Tutorial Kolase nan Simpel dengan Photoshop

  1. trus kalo pengaturan resolusinya gmna ttu??? maksudnya biar gambarnya gg pecah wktu dibwa nd diedit ke photoshop……

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s